Sabtu, 27 Juli 2013

Ramadhan bulan meraih ketaqwaan

Bulan Ramadhan dimana bulan yang Allah Subhanahu wa Ta'ala tebarkan didalamnya beragam kebaikan. dan pasti sungguh merugi seorang muslim yang menyia-nyiakan beragam amalan selama bulan Ramadhan untuk meraih ketaqwaan yang tinggi disisi-NYA.

Bulan Ramadhan adalah bulan puasa..

Imam ath-Thabhari dalam tafsirnya mengatakan bahwa puasa adalah;
Puasa bisa mencegah atau menahan dari apa yang Allah perintahkan untuk menahan darinya
- Al-kaf 'amma amarallahu bil kaffi'anhu - (Tafsir ath-Thabari, iii/409).

Seorang muslim diperintahkan untuk menahan diri dari perkara-perkara yang membatalkan puasa, semisal makan, minum, berhubungan suami-istri, juga dari perkara yang merusak pahala yaitu marah, berkata kotor, berbuat keji dll.

Didalam puasa seorang muslim itu ibarat membentengi dirinya dari berbagai perbuatan keji dan mungkar.

Rasulullah bersabda;

الصوم جنة ما لم  يخر فها

"Puasa itu adalah perisai selama ia (manusia) tidak melubanginya." (HR. Ahmad)

Jika orang menjalankan puasa dengan sebaik-baiknya dengan segala amalan didalamnya, maka puasa itu akan menjadi perisai baginya diAkhirat kelak.

Semestinya puasa tidak berhenti hanya berpuasa saja tapi mengerjakan dengan benar.
yaitu seorang muslim yang dibarengi amalan gemar beramar makruf nahi mungkar dan senantiasa bersemangat untuk melaksanakan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala tanpa pilih-pilih dan meninggalkan kemungkaran tanpa menunda-nunda.   

sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala;
"Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". (QS.Al-Baqarah (2):183)

Subhanallah, dibulan puasa inilah kesempatan bagi orang beriman untuk memproses dirinya agar menjadi orang yang bertaqwa dan makin bertaqwa.

disebutkan bahwa taqwa itu adalah rasa takut (al-khasyyah) yang perwujudannya menjaga diri dari apa yang menyebabkan mendapat siksa, berupa meninggalkan kemaksiatan (Jami' ash-Shahih al-Mukhtashar, i/7)

Saatnya Bulan Ramadhan ini menjadi bulan mengokohkan iman dan memurnikan tauhid dengan menjalankan Hukum Syari'at Islam secara sempurna.

Semoga bulan puasa ini sebagai langkah awal untuk terus bergerak dalam berjuang dengan dibarengi ketaqwaan.

>> Semangat Ramadhan <<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar