Rabu, 17 Juli 2013

Berkah Bersama Keluarga di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa.
Bulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah, dimana mendidik kita menjadi pribadi taqwa.
Bulan Ramadhan juga merupakan bulan peningkatan keimanan dan ketaqwaan.

Menyelami Bulan Ramadhan seperti menyelami lautan hikmah yang sangat luas, dalam dan nikmat.
Bulan Ramadhan adalah bulan pembelajaran untuk menjadi lebih baik, dimana dapat juga menjadi bulan pendidikan bagi keluarga dalam segala aspek, baik pendidikan keilmuan maupun pendidikan amal dan juga pendidikan ruhiah.

Bulan Ramadhan membuka peluang dan kesempatan besar untuk menjalin suasana kebersamaan didalam keluarga, dimana keluarga bisa berkumpul untuk sahur dan buka bersama (ifthar), berhimpun dalam satu meja,diawali doa bersama dan membereskan meja makan bergantian. Keluarga juga kian harmonis ketika dibulan Ramadhan meluangkan waktu berkumpul menunaikan program tadarrus (membaca Al-Qur'an) bersama.

Bulan Ramadhan juga kesempatan emas buat keluarga berangkat bersama ke masjid atau musholla untuk melakukan sholat tarawih berjamaah dan sesekali juga bisa dilakukan dirumah bersama keluarga.Begitu juga dimalam terakhir keluarga bisa diajak ke Masjid untuk berdiam diri  (i'tikaf) dengan aktifitas bisa sholat lail atau dzikir.


Hanya diBulan Ramadhan inilah rasa kebersamaan begitu terasa. Rasanya melakukan aktifitas bersama dibulan lain, kebersamaan ini rasanya sulit ditemukan, apalagi bagi keluarga yang anggotanya selalu sibuk dengan pekerjaan rutin dan berbagai tugas serta aktifitas.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa.
Bulan Ramadhan memberi momentum untuk berlatih menjaga amanah, menjaga lisan, berkata dan berlaku jujur, saling memaafkan dan meningkatkan kebersamaan (silah ukhuwah Islamiyah) serta semakin semangat berjuang dalam Islam (berdakwah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar